Produk Pabrikan yang Sudah Menggunakan Neem

foto produk bali neem plus

indoneem.com – Di India, pengggunaan produk-produk rumah tangga oleh sebagian besar masyarakat merupakan produksi rumah tangga dari bahan mentah lokal atau didapat dari industri kecil yang mempekerjakan sebagian kecil penduduk setempat. Produk-produk yang menggunakan neem kebanyakan dibuat oleh usaha mereka.

Bagi usaha kecil ini harga lebih merupakan strategi utama dibanding kualitas. Karena itu, bahan mentah yang digunakan pabrik biasanya kasar dan tidak diperiksa kemurnian serta kebersihannya. Kurangnya pemeriksaan terhadap kebersihan, juga terjadi pada fasilitas pabrik. Kebanyakan peralatannya sudah tua selain itu juga tidak bersih (Puri,Wawancara Pribadi).

Bacaan Lainnya

Sejak adanya ribuan pabrik produk-produk tersebut, merek dagangnya pun beribu pula, walaupun diantaranya ada yang memiliki kesamaan nama namun tidak diproduksi dari pabrik yang sama.

Penggunaan merek dagang untuk standar kualitas tertentu yang telah usang merupakan sebuah masalah. Ketergantungan pemasokan bahan baku dari daerah sekitar dan musim, menciptakan permasalan lain. Produk berkualitas menjadi produk tidak berkualitas lagi karena bahan baku yang digunakan pabrik berubah mengikuti perubahan musim.

 

Pos terkait