Sejarah Neem

>> SEJARAH 500 TAHUN NEEM

indoneem.com – Produk-produk Neem telah ditemukan sejak 5000 tahun yang lalu bukti dengan ditemukannya pot yang terbuat dari tanah liat di wilayah arkeologi Lembah Indus di India bagian Barat laut oleh para arkeolog Inggris tahun 1992.

Fungsi dalam kesehatan juga disebut dalam Veda yang diperkirakan sebagai buku tertua di dunia. Buku Ayurveda Kuno India menegaskan bahwa setiap bagian dari pohon Neem memiliki manfaat kesehatan dan masyarakat India telah memanfaatkan Neem secara aman dan efektif selama lebih dari 5000 tahun.

>> ILMU PENGETAHUAN MODERN

Neem disahkan sebagai obat tradisional bagi berbagai penyakit dan perawatan kulit. Para peneliti di India bagian tengah telah menemukan lebih dari 60 fungsi kesehatan dari Neem. Orang-orang India mengetahui pohon Neem sebagai bahan farmasi yang sesungguhnya.

Sampai tahun 1920 penelitian Neem belum secara resmi diteliti dan setelah tahun tersebut baru dimulai. Telah juga dicatat selama periode wabah belalang dimana daun-daun tanaman diserang sementara daun neem dibiarkan mereka dan tanpa cacat. Secara sederhana dibuat ramuan dari biji neem yang efektif melindungi daun-daun tanaman. Selanjutnya, beberapa campuran diisolasi dari biji neem. Salah satunya adalah Azadirachtin yang telah ditemukan baik untuk menolak maupun mengganggu pertumbuhan dan reproduksi banyak jenis serangga perusak. Tidak seperti pestisida kimia kebanyakan, dosis rendah dari azadirachtin  juga ditemukan sedikit atau tidak beracun pada mamalia dan serangga memperlihatkan resistensi atas campuran bahkan sampai beberapa generasi. Serangga yang dapat dikontrol dengan ekstrak neem mengesankan dan termasuk di dalamnya, larva, ulat, ulat pemakan daun, lebah penyengat, nyamuk, lalat, kumbang dan banyak lagi.

Ampas yang dihasilkan dari proses neem disebut dengan ‘cake’ (bungkil). Lahan pertanian yang diberi mulsa Neem Cake ditemukan lebih sedikit diserang nematode, siput, dan sejumlah jamur. Tes lanjutan memperlihatkan Neem Oil sangat efektif untuk penyakit tanaman seperti klorosis dan kelayuan. Neem cake juga ditemukan sebagai pupuk yang sangat baik.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan