NEEMBA PEST CONTROL

INSEKTISIDA NABATI

AMAN DAN BERMANFAAT UNTUK PETANI

NeemBa Oil adalah insektisida nabati (botanical insecticide) berbentuk cair yang berfungsi untuk mengendalikan serangga hama dengan spektrum luas. Bahan yang digunakan dalam pembuatan NeemBa Oil berasal dari Mimba (Azadirachta indica) merupakan famili Meliaceae yang sudah lama dijadikan pestisida botani untuk mengendalikan berbagai jenis hama tanaman budidaya.

 

Biji dan daun mimba telah diketahui mengandung beberapa jenis metabolit sekunder yang aktif sebagai pestisida, diantaranya azadirachtin, salanin, meliantriol dan nimbin. Metabolit lain yang terdapat di dalam mimba adalah nimbandiol, 3-desasetil salanin, salanol, azadiron, azadiradion, epoksiazadiradion, gedunin dan alkaloid. Pada bagian kulit batang dan kulit akarnya mengandung nimbin, nimbosterol, nimbosterin, sugiol, nimbiol dan margosin. Pada bunga ditemukan kuersetin dan kaemferol dan bagian kayunya ditemukan nimaton dan 15% zat samak terkondensasi alkaloid (azaridin). Metabolit sekunder utama yang berfungsi sebagai insektisida adalah azadirachtin yang terbentuk secara alami berupa substansi yang termasuk dalam kelas molekul organik tetranortriterpenoids. Kadar Azadirachtin yang paling banyak adalah pada biji berkisar 70 – 173,25 ppm dan pada daun mimba berkisar 27 – 37,6 ppm. Setiap gram biji mimba mengandung 3,6 mg azadirachtin. Manfaat aplikasi Mimba daiantaranya berperan sebagai: Penghambat pertumbuhan serangga, Penolak makan (antifeedant), Menghambat proses ganti kulit (moulting inhibition), Repellent bagi serangga, Mengakibatkan abnormalitas anatomi, Menghambat perkembangan telur, Membuat hama mandul, Sebagai racun kontak dan dapat mematikan serangga.

 

Azadirachtin telah terbukti efektif mengendalikan lebih dari 300 spesies serangga hama termasuk hama-hama penting tanaman budidaya seperti ulat grayak (armyworm), pengorok daun (leafminer), kutu daun (aphid) dan kutu putih (whiteflies). Hama-hama tersebut umumnya menyerang tanaman sayuran, buah-buahan, padi dan palawija. Bahan aktif yang terkandung dalam biji mimba mampu mengendalikan hama dengan beberapa keunggulan diantaranya: tidak berbahaya bagi manusia, hewan ternak, mudah terurai dan ramah lingkungan. Keunggulan lain dari pestisida NeemBa Oil yaitu dapat disimpan selama satu tahun, asal tidak terkena sinar matahari secara langsung dan jauh dari jangkauan anak-anak.

 

Cara penggunaan NeemBa Oil :

1. Dosis penyemprotan 5 – 7 ml/liter air untuk berbagai jenis tanaman

2. Dosis formulasi dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan tergantung tingkat serangan hama

3. Penyemprotan dapat dilakukan pada awal serangan maupun tidak ada serangan untuk pencegahan

4. Sebaiknya diaplikasikan pada sore hari

5. Dapat dicampur dengan pupuk cair atau perekat

6. Gunakan perlengkapan pelindung yang aman pada waktu menyemprot Sesuai dengan kefungsiannya,

mudah-mudahan NeemBa Oil dapat bermanfaat bagi upaya perbaikan lingkungan pertanian akibat penggunaan bahan kimia yang berlebihan.

 

Selamat mencoba!!


 

Untuk Pemesanan Silahkan Hubungi Kami :

 Bali Neem Plus

  Jl. Gunung Talang VI No. 14 Buana Raya Denpasar Barat-Bali

  Telp / Fax : 0361-4717702 | Mobile : +62 81353239213 | WA : +62 8179740759 | PIN : 24E7236B

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.