NEEM MEMBANTU MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI

Neem secara halus membantu mengatasi kemiskinan para petani di daerah tropis. Neem ekstak digunakan untuk mengganti pestisida kimia yang relatif lebih mahal sehingga dapat menghasilkan uang dan memperbaiki hidup. Di beberapa negara berkembang diperkirakan 500.000 jenis racun dan mencapai 20.000 angka kematian akibat penggunaan pestisida kimia. Para petani miskin di negara-negara berkembang menggunakan bahan-bahan kimia untuk meningkatkan produksi dan memperbaiki kondisi kemiskinan mereka, namun kesehatan mereka dan lingkungan terancam.

Untuk memutus lingkaran ini beberapa lembaga seperti CARE, AIDS, dan AFGRO, secara aktif memperkenalkan kegunaan Neem di Asia Tenggara, Afrika, Kepulauan Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Penanaman dan program pendidikan memberikan mereka perlindungan atas lebih dari 200 spesies serangga yang berbeda termasuk yang bersifat membunuh.

Para petani di Mexico dan Haiti serta Australia telah memulai beralih menggunakan penyemprotan dengan Neem secara sederhana dari yang dulunya menggunakan pestisida kimia. Berkat semua itu para petani telah diizinkan untuk mengekspor mangga dan buah-buahan yang lain ke Amerika Serikat sebagai produk tanpa bahan kimia yang biasanya akan tertahan pada bagian inspeksi ketika pengiriman. Dengan berbasiskan Neem mereka juga memproduksi wool yang bebas pestisida untuk dipasarkan di Eropa sebagai wool yang bebas dari pestisida kimia.

1. Penyimpanan Makanan

2. Bungkil Intaran

3. Madu Intaran

Referensi:

1. Neem The Ultimate Herb: Jhon Conrick.

2. Status report on global Neem Usage: GTZ.

3. The Potentials of the Neem Tree in Ghana: GTZ.

4. Neem, A Tree for Solving Global Problems (Report of an Ad Hoc Panel of the Board on Science and Technology for International Development National Research Council.

5. Neem in Ayurveda: Vaidya Suresh Chaturvedi.