17. 03. 02
posted by: neem_plus

Mimba Sebagai Obat Tradisional

Neem atau Azadirachta indica merupakan salah satu herbal dari india yang digunakan secara turun menurun dalam ilmu pengobatan Ayurweda. Pohon Neem telah dibudidayakan di seluruh penjuru Negara tersebut.  Sejak jaman dulu, semua bagian dari Neem – baik daun, bunga,biji,buah, akar maupun batang, telah digunakan untuk pengobatan terhadap inflamasi, infeksi, demam, penyakit kulit, dan sakit gigi.

Nama Latin            : Azadirachta indica A. Juss

Nama Inggris         : Neem

Nama India           : Nimba

Nama Indonesia    : Mimba

  • Daun Neem bersifat immunomodulator dan memiliki efek anti-inflamasi, anti bakteri, antioksidan, serta anti-karnisogen. Nimbidin merupakan zat utama dari Neem yang membantu mengatasi inflamasi.

  • Neem mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, eczema, dan dermatitis. Daun Neem juga efektif dalam mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

  • Neem mengatasi jerawat dengan cara menekan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes, bakteri yang memicu terjadinya jerawat.

  • Ekstrak Neem mampu melawan mikroba berbahaya yang dapat merusak tekstur kulit,sekaligus melindungi dan menutrisi kulit.

  • Efek astringent-nya membantu mengontrol kelebihan sekresi minyak, yang merupakan penyebab utama jerawat.

  • Sifat antiseptic dan anti-inflamasi Neem membantu mempercepat proses penyembuhan sehingga menjaga kulit tetap muda dan sehat.

 

Keterangan :
  1. Kami menjual daun Mimba KERING Utuh dan TEPUNG / NEEM LEAVES POWDER
  2. Proses Pengeringan Tidak Menggunakan sistem Penjemuran Matahari Tapi Kami Mengunakan Mesin Pengering (Oven) terbuat dari Stainles untuk mendapatkan hasil yang Baik untuk Herbal dan
  3. Kami Melayani Permintaan Bahan Baku daun Mimba Untuk INDUSTRI ( BESAR/ KECIL)
 
Silahkan Hubungi Kami...!!
17. 02. 27
posted by: neem_plus

 SELAMAT DATANG

Pohon Neem/Mimba/LOGOIntaran (Azadirachta Indica)

Tumbuhan Mimba - Pohon nimba banyak manfaat dan kegunaannya

Pohon nimba akhir-akhir ini banyak disebut sebagai pohon dunia yang paling banyak diteliti.

Itu tidak mengherankan karena semua bagian dari pohon ini menarik untuk dimiliki dan banyak digunakan salahsatunya sebagai obat tradisional.

 

16. 03. 18
posted by: neem_plus

NEEM MEMBANTU MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI

Neem secara halus membantu mengatasi kemiskinan para petani di daerah tropis. Neem ekstak digunakan untuk mengganti pestisida kimia yang relatif lebih mahal sehingga dapat menghasilkan uang dan memperbaiki hidup. Di beberapa negara berkembang diperkirakan 500.000 jenis racun dan mencapai 20.000 angka kematian akibat penggunaan pestisida kimia. Para petani miskin di negara-negara berkembang menggunakan bahan-bahan kimia untuk meningkatkan produksi dan memperbaiki kondisi kemiskinan mereka, namun kesehatan mereka dan lingkungan terancam.

Untuk memutus lingkaran ini beberapa lembaga seperti CARE, AIDS, dan AFGRO, secara aktif memperkenalkan kegunaan Neem di Asia Tenggara, Afrika, Kepulauan Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Penanaman dan program pendidikan memberikan mereka perlindungan atas lebih dari 200 spesies serangga yang berbeda termasuk yang bersifat membunuh.

Para petani di Mexico dan Haiti serta Australia telah memulai beralih menggunakan penyemprotan dengan Neem secara sederhana dari yang dulunya menggunakan pestisida kimia. Berkat semua itu para petani telah diizinkan untuk mengekspor mangga dan buah-buahan yang lain ke Amerika Serikat sebagai produk tanpa bahan kimia yang biasanya akan tertahan pada bagian inspeksi ketika pengiriman. Dengan berbasiskan Neem mereka juga memproduksi wool yang bebas pestisida untuk dipasarkan di Eropa sebagai wool yang bebas dari pestisida kimia.

1. Penyimpanan Makanan

2. Bungkil Intaran

3. Madu Intaran

Referensi:

1. Neem The Ultimate Herb: Jhon Conrick.

2. Status report on global Neem Usage: GTZ.

3. The Potentials of the Neem Tree in Ghana: GTZ.

4. Neem, A Tree for Solving Global Problems (Report of an Ad Hoc Panel of the Board on Science and Technology for International Development National Research Council.

5. Neem in Ayurveda: Vaidya Suresh Chaturvedi.

16. 03. 18
posted by: neem_plus

Neem disahkan sebagai obat tradisional bagi berbagai penyakit dan perawatan kulit. Para peneliti di India bagian tengah telah menemukan lebih dari 60 fungsi kesehatan dari Neem. Orang-orang India mengetahui pohon Neem sebagai bahan farmasi yang sesungguhnya.

Sampai tahun 1920 penelitian Neem belum secara resmi diteliti dan setelah tahun tersebut baru dimulai. Telah juga dicatat selama periode wabah belalang dimana daun-daun tanaman diserang sementara daun neem dibiarkan mereka dan tanpa cacat. Secara sederhana dibuat ramuan dari biji neem yang efektif melindungi daun-daun tanaman. Selanjutnya, beberapa campuran diisolasi dari biji neem. Salah satunya adalah Azadirachtin yang telah ditemukan baik untuk menolak maupun mengganggu pertumbuhan dan reproduksi banyak jenis serangga perusak. Tidak seperti pestisida kimia kebanyakan, dosis rendah dari azadirachtin  juga ditemukan sedikit atau tidak beracun pada mamalia dan serangga memperlihatkan resistensi atas campuran bahkan sampai beberapa generasi. Serangga yang dapat dikontrol dengan ekstrak neem mengesankan dan termasuk di dalamnya, larva, ulat, ulat pemakan daun, lebah penyengat, nyamuk, lalat, kumbang dan banyak lagi.

Ampas yang dihasilkan dari proses neem disebut dengan 'cake' (bungkil). Lahan pertanian yang diberi mulsa Neem Cake ditemukan lebih sedikit diserang nematode, siput, dan sejumlah jamur. Tes lanjutan memperlihatkan Neem Oil sangat efektif untuk penyakit tanaman seperti klorosis dan kelayuan. Neem cake juga ditemukan sebagai pupuk yang sangat baik.

16. 03. 18
posted by: neem_plus

ALERGI

Neem mencegah reaksi alergi bila digunakan untuk obat luar atau dimakan (David, 1978). Kandungan neem menahan rangsangan yang dihasilkan oleh histamin dan mungkin membantu untuk kulit keriput dan alergi bronchitis.  Penggunaan krim neem atau lotion neem akan menghentikan gatal, radang kulit dan reaksi alergi luar.  Untuk rasa tidak enak badan secara umum kerena alergi seperti sakit, rasa sakit, dan keletihan, gunakan teh  neem untuk pengobatan dalam. Apabila ada masalah dengan aliran udara, teh neem dipadu dengan menghirup uap rebusan daun neem akan melawan efek alergi dan membantu penjernihan saluran udara.