17. 03. 15
posted by: neem_plus

KONTRASEPSI

1. Wanita

 

Krim untuk vagina dan obat perangsang yang dibuat dari minyak neem secara cepat menjadi metode kontrol kelahiran pilihan di India (Paranjapo dan Paranjapo,1993);(Garg, et al, 1993);(Riar,etal, 1993). Obat-obatan ini tidak menimbulkan iritasi dan mudah digunakan serta hampir 100% efektif.  Penting dicatat, bahwa walaupun toxic sperma tidak 100% efektif, ketika dicoba pada sperma manusia extrak neem (sodium neembadinate) pada 1000 mg dapat membunuh seluruh sperma dalam 5 menit dan memerlukan 30 menit pada level 250 mg (Sharma, 1959); (Khare, 1984); (Lal,et al, 1987);(Riar, et al, 1988);(Sinha, et al, 1984). Hal ini juga menguntungkan untuk mencegah penyakit menular karena hubungan kelamin atau seksual (Upadhyay, et al, 1990);(Garg, et al, undate);(Lal. et al, 1985);(Sinha, et al, 1984).

 

 

Neem terbukti dapat mencegah kehamilan (Juneja,1990);(Sharma,1959 a/b). Minyak neem juga terbukti bekerja baik untuk setelah atau sebelum hubungan, sementara itu extrak lainnya bekerja hanya sebelum hubungan sebagai pencegah. (Riar,et al, 1991). Minyak neem tampil sebagai bagian neem paling efektif untuk kontrol kelahiran, terutama extrak hexane minyak neem. Setelah sekali suntikan minyak neem pada corong uterus, menimbulkan reaksi dengan memproduksi  sel-sel imun yang kuat dalam jangka lama (hingga 12 bulan) dan dapat menahan kesuburan. (Upadhyay, 1994);(Garge et al, 1994) tidak ada perubahan siklus menstruasi atau fungsi ovarium.

 

 

Neem juga ditemukan sebagai pencegah implantasi dan bahkan mungkin memiliki efek menggugurkan kandungan sama seperti pennyroyal, jinten, jahe liar, myrrh, dan anjelica. Efeknya akan terlihat pada sepuluh hari setelah pembuahan. pada tikus ia lebih efektif tidak lebih dari tiga hari. (Sinha, et al,, 1984); (Lal et al, 1985). Dalam sebuah studi terhadap beberapa tikus, minyak neem diminumkan delapan hingga sepuluh hari setelah implantasi janin pada dinding rahim. Setelah 15 hari, semua embryo secara komplit diserap segalanya oleh tubuh. Binatang-binatang itu mendapatkan kembali kesuburannya dan pada giliran berikutya memperlihatkan tidak ada masalah fisik. Studi yang lebih rinci pada beberapa tikus memperjelas peningkatan level gamma interferon dalam uterus. Minyak neem membangkitkan respon daya imun lokal dalam kandungan (Mukherjee,1996).  Penggunaan minyak neem setelah persetubuhan sebagai kontrol kelahiran tidak menampakkan perubahan kerja hormon tetapi menghasilkan perubahan pada organ-organ penyusun kehamilan dalam jangka tidak lama. (Tewari, 1989) (Bardham, 1991)

 

 

Studi beberapa ilmuan terkemuka dunia selama bertahun-tahun di India telah berhasil dalam pengembangan neem poly-herbal sebagai dasar vagina krim yang menjadi spermatisida dan anti–mikroba. Krim ini campuran 25% extrak biji neem dengan extrak biji-bijian sabun dan hydrochlorida dari tumbuhan kina. Berdasarkan dari keberhasilan percobaan ini, neem sebagai krim kontrasepsi dikembangkan oleh perusahaan farmasi di India.  Percobaan memperlihatkan bahwa kemanjurannya lebih baik daripada dari busa atau gel kimiawi. Ia lebih aman dan mudah digunakan, karena tidak menimbulkan iritasi atau rasa tidak nyaman, hampir 100% efektif dan karenanya lebih banyak digunakan daripada busa atau gel untuk spermatisida (Garg,1993), tidak ada dampak pada hormon, dan ia dinyatakan cara yang aman dan effektif daripada metode lain yang menggunakan hormon.(Prakash,1988) ;(Mateenudin,1986).

 

 

Studi-studi yang mengarahkan pada pengembangan produk ini membuktikan bahwa minyak neem membunuh sperma dalam vagina dengan waktu 30 detik dan tetap efektif selama lima jam. Kebanyakan krim spermatosida harus digunakan ulang paling tidak sejam sekali (Sinha et al,1984). Efek penting dari penggunaan minyak neem pada vagina bahwa neem tampak meningkatkan antigen sambil membawa kemampuan sistem kandungan. Keaktifan populasi sel imun lokal ini secara langsung menjadi racun sperma tanpa menimbulkan efek samping.

 

 

 

 

2.  Laki-Laki

 

Neem dapat menjadi pil pertama yang benar-benar dapat mengontrol kelahiran bagi laki-laki (Riar,1988). Tablet daun neem digunakan selama sebulan dapat menghasilkan anti kesuburan bagi laki-laki tanpa menimbulkan gangguan pada sperma dan libido (Deshpande, 1980) (Sadre, 1984).  Di India dan Amerika, percobaan-percobaan memperlihatkan bahwa extrak neem mengurangi kesuburan pada monyet laki-laki tanpa menghambat libido dan produksi sperma (Sharma, et al., 1987).

 

 

Pada percobaan efektifitas neem sebagai kontrol kelahiran pada tentara India, 20 tentara yang sudah nikah setiap hari minum beberapa tetes minyak neem dalam kapsul, efeknya terlihat setelah enam minggu  100% berhasil, dan tetap efektif sepanjang tahun dan kembali lagi enam minggu setelah para subyek berhenti menggunakan kapsul-kapsul itu.  Selama masa ini para laki-laki itu tidak mengalami efek samping yang merugikan dan mereka tetap memiliki kemampuan normal dan birahi. (Vietmeyer, 1992) Tak ada isteri yang hamil selama percobaan ini.

 

 

Untuk menjadi kontrol kelahiran bagi laki-laki dalam jangka panjang tampak bahwa satu suntikan minyak neem pada pembuluh darah akan menjadi kontrol untuk lebih dari delapan bulan.  Pengujian-pengujian ini memberikan gambaran tak ada kerusakan, tak ada perubahan dalam produksi testosterone dan tidak ada antibodis antisperma. Lymphnodes lokal memperlihatkan peningkatan kemampuan untuk merespon terhadap infeksi serta menunjukkan respon daya imun yang mungkin bertanggungjawab untuk kontrol kelahiran laki-laki sebagimana pada wanita (Upadhyay,1993).

 

17. 03. 15
posted by: neem_plus

BAU MULUT

Alasan umum penyebab bau mulut adalah bakteri, infeksi, atau gangguan lambung atas.  Pasta gigi neem dan penyegar mulut neem mengandung antibakteri dan antiviral yang dapat menghentikan bau nafas dari sumbernya.  Tempat paling umum dimana bakteri penyebab tinggal adalah di balik lidah. Bakteri penyebab nafas bau membentuk lapisan yang susah dihilangkan dan harus dikorek atau disikat. Sekali selaput ini digerakkan dan bakteri terbuka, neem akan mudah membunuhnya. Apabila penyebabnya adalah infeksi dalam mulut, gosok gigi dan gusi dengan pasta gigi neem dan setelah itu berkumur dengan extrak neem akan membunuh infeksi dan mempercepat penyembuhan. Untuk nafas bau yang disebabkan oleh gangguan lambung atau perut bagian atas, mengunyah daun neem dan daging biji segar secara tradisional dianjurkan untuk menghilangkan sakit dan memperbaiki keseimbangan asam.

17. 03. 15
posted by: neem_plus

RADANG SENDI

Radang sendi adalah istilah umum yang mencakup semua penyakit sendi,  penyakit ini dapat berupa gangguan pada sistem imun, infeksi, hasil keletihan pada sendi, dan radang. Secara umum ia adalah radang atau rasa sakit pada sendi yang tidak diobati sejak dini.  Neem dapat membantu dalam pengobatan arthritis dengan berbagai cara. Kemampuan anti bakteri neem dapat membunuh penyebab infeksi dan kemampuan neem  dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit, ia menghilangkan simptoms. Neem juga dapat menciptakan keseimbangan umum dalam sistem yang secara langsung efektif dalam penyembuhan penyakit ini (Kores, 1993).

Beberapa studi menunjukkan kegunaan neem dalam penyembuhan arthritis. Beberapa studi tentang kemampuan extrak daun neem dalam mengurangi radang yang disebabkan oleh arthritis (Bhargave, 1970); (Okpanyi, 1981).  Sebuah studi menganjurkan bahwa kandungan Fenolik berisikan catechin (diketahui memiliki kemampuan anti radang) dapat mengurangi akibat radang (Van der nat, 1991).  Studi lain menemukan quercetin, dikenal sebagai anti bakteri dalam daun neem. (Basak, 1968). Yang lainnya menyimpulkan bahwa polysaccharides dalam neem mengurangi radang dan pembengkakan arthritis (David, 1978); (Fujiwara, 1984); (Brahmachari and Sharma, 1958)

Berbagai bagian pohon dan extrak setiap bagian itu dicoba. Zat seperti nimbidin extrak dari biji dengal alkohol, terlihat sangat mujarab terhadap arthritis (pillai, 1981a). karena memiliki extrak metanol dari daun dan kulit (Van der nat, et al., 1991).  Alasan manjurnya zat ini diyakini dari beberapa faktor. Beberapa kandungan daun terbukti menghalangi prostglandin yang lebih baik daripada aspirin (Okpako, 1977). Limonoides dan catechin dalam daun dan biji akan menambah efektifitasnya (Swarnalaksmi, et al., 1981); (Rao, et al., 1983). Penerangan kemungkinan lain tertuju pada kemampuannya  mencegah pelepasan penyebab radang yang akut, efek antihistamin dari nimbidin (terutama aktifitas anti-borakgastrik) telah dilaporkan  (David 1969, 1978); (Pillai and Santhakumari, 1984a). Juga modifikasi respon imun tampil mengurangi genari radang, menciptakan kimia (Van der nat, et. al., 1987, 1989, 1991).  Walaupun demikian, sejarah panjang penggunaan extrak daun, kulit, dan biji neem untuk menghilangkan radang sendi didukung oleh investigasi ilmiah modern.  Pengobatan arthritis secara tradisional adalah meminum teh daun neem ringan dibarengi dengan pembaluran krim neem hangat pada daerah yang mengeras dan sakit seperti dibutuhkan.

17. 03. 15
posted by: neem_plus

ATHLETE'S FOOT

Extrak neem telah ditemukan sangat manjur untuk melawan Tinea Pedia, jamur penyebab athlete’s foot (Prasad, et.al., 1993). Infeksi jamur tipe ini menyerang sembilan dari sepuluh orang di Amerika dalam waktu bersamaan atau tidak bersamaan. Bila tidak diobati, jamur ini akan menyerang kuku-kuku jari dan bahkan akan muncul serangan lanjutan ke seluruh tubuh. Bubuk tepung jagung dikombinasikan dengan tepung daun neem sangat baik untuk pencegahan dan extrak daun neem yang bersifat alkohol atau neem dalam bentuk lotion dapat digunakan bila infeksi mulai menyerang.

17. 03. 15
posted by: neem_plus

:: JANTUNG BERDEBAR

Extrak daun neem menampilkan aktifitas anti-arrhithmic, menormalkan ritme setelah 8 menit penggunaan, berarti mengurangi arrhithmia. Extrak neem juga dapat mengurangi detak jantung yang abnormal. (Thompson and Anderson, 1978). Minum teh daun neem beberapa kali dalam seminggu menghilangkan detak jantung tidak teratur dan membantu menjaga detak jantung normal.