NEEM TREE /POHON MIMBA (Farmasi Tumbuhan Alam)

AKAR

Pohon Neem memiliki akar tunggang yang dalam dan perakaran skunder berupa akar serabut, dengan demikian Tanaman Neem dapat mengambil unsur hara dan makanan serta air dari lapisan tanah yang paling dalam. Berdasarkan kondisi tersebut Tanaman Neem dapat bertahan hidup di daerah yang sangat kering sekalipun. Berdasarkan hal tersebut juga pohon neem dapat digunakan untuk mengontrol erosi dan mempertahankan kesuburan pada lapisan top soil.

 

GETAH

 

Getah terdapat dalam lapisan kayu pada umumnya yang bisa digunakan untuk lem.

 

KAYU DAN CABANG

Kayu Neem telah terbukti tahan terhadap rayap. Ranting pohon neem sangat baik digunakan untuk kayu bakar.

 

RANTING

Setiap hari, jutaan orang menggosok gigi mereka dengan ranting Neem. Para Dokter gigi setuju bahwa kebiasaan itu dapat melindungi kerusakan gigi dalam jangka waktu yang lama.

 

DAUN

Sebuah pasta yang dibuat dari daun telah ditemukan dan secara efektif memperbaiki kondisi kulit. Dan sejumlah kecil daun yang dicampur dengan makanan terbukti baik untuk memperbaiki kondisi pencernaan.

 

BUNGA

Pohon Neem memiliki bunga yang biseksual dengan warna ungu yang mana memancing lebah yang diketahui dapat menghasilkan madu Neem yang sangat bermanfaat.

 

BUAH

Pohon Neem dapat memproduksi sampai 50 Kg buah pertahun yang mana daripadanya dapat dibuat sabun atiseptik.

 

BIJI BUAH

Biji memiliki kandungan bahan aktif yang mana berfungsi sebagai pestisida, insectisida dan fungisida. Minyak Neem aman untuk digunakan disaerah pedesaan yang alami. Bungkil Neem ( Ampas pengepresan ) juga ditemukan sangat baik sebagai bahan pembuatan pupuk dan untuk pemulsaan.

Pohon Neem biasanya mulai berbunga dan menghasilkan buah setelah 3-5 tahun dan akan aktif berproduksi sampai umur 10 tahun.

 

Pohon Neem dapat hidup sampai 200 tahun.