Buah Mimba

Daun Neem / Mimba

POHON MIMBA / NEEM TREE

National Research Council (NRC), Washington, USA, telah mengeluarkan laporan dengan judul "Neem: Tree for Solving Global Problem". Dewan mempertimbangkan Neem diantara pohon-pohon yang lain dengan banyaknya kelebihan dan manfaat sehingga dapat dikembangkan berbagai produk dari pohon tersebut. Neem merupakan salah satu pohon daerah kering yang paling bernilai. Digunakan untuk pertanian, industri komersial, minyaknya dipress dari biji menghasilkan produk pertanian untuk mengontrol hama yang ramah lingkungan dan juga pupuk yang efektif. banyak produk turunan yang dihasilkan dari Neem yang juga efektif untuk kesehatan (lihat dibawah).

Pohon Neem tumbuh dan beradaptasi dengan cepat pada daerah kering dan memperbaiki kondisi top soil sehingga perakaran tanaman dapat dengan mudah memperoleh nutrisi walaupun tingkat kelembaban tanah sangat buruk. Sehingga dengan demikian pohon Neem cocok diperuntukan bagi penghutanan kembali dan mengontrol erosi. Untuk keperluan peningkatan kesejahteraan masyarakat, Neem dapat membantu peningkatan penghasilan dan ekonomi masyarakat pedesaan dengan teknologi yang sederhana untuk memproses Neem  sehingga masyarakat akan terdorong untuk perduli terhadap lingkungan.

ATHLETE'S FOOT

Extrak neem telah ditemukan sangat manjur untuk melawan Tinea Pedia, jamur penyebab athlete’s foot (Prasad, et.al., 1993). Infeksi jamur tipe ini menyerang sembilan dari sepuluh orang di Amerika dalam waktu bersamaan atau tidak bersamaan. Bila tidak diobati, jamur ini akan menyerang kuku-kuku jari dan bahkan akan muncul serangan lanjutan ke seluruh tubuh. Bubuk tepung jagung dikombinasikan dengan tepung daun neem sangat baik untuk pencegahan dan extrak daun neem yang bersifat alkohol atau neem dalam bentuk lotion dapat digunakan bila infeksi mulai menyerang.